Release

The Synergy
to Move Forward
Release
September 8, 2019

Mifa Bersaudara Raih Empat Penghargaan ISDA 2019

Click to Enlarge

ACEH BARAT, 8 September 2019. PT Mifa Bersaudara (Mifa) berhasil meraih empat penghargaan dari sejumlah kategori dalam ajang penghargaan 'Indonesian Sustainable Development Goals Award' (ISDA) 2019 yang diselenggarakan di Menara Bidakara Jakarta Jumat malam (6/9).  Penghargaan yang diraih oleh anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABM Investama) tersebut meliputi dua kategori yaitu program sosio kultur dan ekositem serta kategori perorangan pengelolaan CSR tingkat Manajemen dan tingkat pelaksana.

Program unggulan PT Mifa Bersaudara (Mifa) yang diikutkan dalam ajang ini yaitu “Pembinaan dan pengembangan budaya lokal dalam mendukung penerapan Syariat Islam di Provinsi Aceh” berhasil meraih peringkat silver. Peringkat yang sama juga berhasil diraih perseroan untuk program Konservasi Terumbu Karang dan Penyu di Sepanjang Pantai Barat Aceh.

Pada kategori perorangan, pengelolaan CSR tingkat Manajemen yaitu Adi Risfandi berhasil meraih penghargaan Terbaik 3, sedangkan tingkat Pelaksana berhasil meraih penghargaan Terbaik 2 atas nama Tengku Khadaffi.

Indonesian Sustainable Development Goals Award adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen kuat di bidang pengembangan masyarakat maupun peduli pada lingkungan di sekitarnya secara konsisten dan berkesinambungan. ISDA 2019 diikuti oleh 61 perusahaan dari berbagai sektor usaha dan 153 program Corporate Social Responsibility (CSR).

Kepala Teknik Tambang Mifa Adi Risfandi mengatakan bahwa program unggulan Mifa dipilih karena sejalan dengan misi edukasi Perusahaan bahwa kegiatan penambangan membawa manfaat positif untuk masyarakat. Mifa memilih pendekatan sosio kultur agar sesuai dengan budaya Aceh sekaligus mengenalkan kegiatan usaha Perusahaan yang masih relatif baru di wilayah tersebut.

“Kami berupaya agar program CSR berpedoman pada tata kelola praktik penambangan yang baik (best mining practices), sehingga dapat bersinergi antara aspek operasional yang efisien dengan cita-cita pengembangan masyarakatnya,” tuturnya.   

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa Perusahaan menjadikan CSR sebagai bagian dari komitmen Perusahaan akan tanggung jawab sosial terhadap pemangku kepentingannya, dengan berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

“Kami juga berupaya untuk menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan  berkelanjutan global (Sustainable Development Goals). Harapannya, masyarakat tidak sepenuhnya bergantung pada industri ini. Namun melahirkan peluang-peluang baru yang sesuai dengan potensi daerah agar masyarakat dapat tumbuh secara mandiri,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama PT ABM Investama Tbk Andi Djajanegara mengatakan, program-program CSR yang dijalankan ABM dan anak usaha, difokuskan pada upaya untuk mendukung peningkatan dan perbaikan kualitas hidup masyarakat.

“Kami berterima kasih bahwa komitmen ABM Group dalam berbagai program CSR, khususnya di sekitar wilayah operasi mendapatkan perhatian dan penghargaan. Harapan kami kontinuitas program ini akan memberikan dampak positif dalam pemberdayaan masyarakat untuk jangka panjang," kata Andi.

Melalui kegiatan ini, Andi berharap bahwa kemitraan yang dijalin dapat mendukung upaya pencapaian SDGs nasional. “Pencapaian ini merupakan bukti bahwa setiap anak usaha kami selalu memiliki semangat dalam melahirkan program-program pemberdayaan masyarakat untuk generasi di masa depan, yang menunjukkan bahwa tambang membawa manfaat untuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam rangka memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan (stakeholder),” tutup Andi.