Event

The Synergy
to Move Forward
Event
March 7, 2014

Menuju Green Mining, TIA Raih Proper Hijau Award

Click to Enlarge

PT Tunas Inti Abadi (TIA) berhasil meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Kategori “Hijau” untuk periode 2012-2013 dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA kepada TIA yang diwakili oleh Presiden Direktur Feriwan Sinatra. Pemberian penghargaan tersebut berlangsung pada Selasa (10/12) di Hotel Shangri-la, Jakarta.

“Pencapaian yang bagus sekali sebagai perusahaan tambang yang baru memasuki tahun keempat masa produksinya, dan ini adalah hasil dari  kerjasama tim yang sangat membanggakan dalam upaya  mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadikan TIA sebagai salah satu tambang batubara kelas menengah terkemuka di Indonesia”, ungkap Feriwan Sinatra, Presiden Direktur PT TIA melalui siaran pers.

Keberhasilan TIA meraih penghargaan tersebut diperoleh melalui program-program unggulan yang terdiri dari penurunan beban pencemaran air dengan konservasi dan pemanfaatan kembali  air secara efisien (sirkulasi air washpad dan pemanfaatan air bersih dari settling pond), Penurunan limbah B3 dengan mengganti kemasan pelumas dari drum menjadi tangki. Penurunan limbah non-B3 melalui pengembalian drum hydrosol kepada vendor/pemasok, serta implementasi pengelolaan konservasi sempadan sungai dan pantai serta konservasi terumbu karang.

Prestasi ini merupakan bukti komitmen perusahaan untuk berpartisipasi dalam upaya-upaya yang bersinergi dengan penyelamatan bumi sementara program-program CSR lain melalui bidang pemberdayaan masyarakat, kesehatan, pendidikan, serta lingkungan hidup dan infrastruktur terus dijalankan untuk mendukung keselarasan operasional yang tengah berjalan saat ini. 

Prestasi penghargaan kategori “Hijau” ini merupakan penghargaan kali kedua yang diraih setelah pada periode sebelumnya  (2011-2012) TIA memperoleh penghargaan untuk kategori “Biru”.

PROPER merupakan salah satu program unggulan Kementrian Lingkungan Hidup yang berupa kegiatan pengawasan dan pemberian insentif dan/atau disinsentif kepada penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan. Penghargaan PROPER bertujuan untuk mendorong perusahaan untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan (environmental excellency). Hal ini dinilai dari diterapkannya integrasi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa,penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R, efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat. (wad)