ABM Group Progress

The Synergy
to Move Forward
About Us

CKB Pelaksana Pusat Logistik Berikat (PLB)

PT Cipta Krida Bahari atau dikenal dengan nama CKB Logistics kembali mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan logistik terpadu tanah air dengan dipercaya menjadi pengelola Pusat Logistik Berikat (PLB). CKB Logistics merupakan salah satu dari 11 perusahaan yang ditunjuk menjadi pengelola PLB karena memiliki kesiapan dan rekam jejak yang sangat baik, selain didukung dengan teknologi terkini di bidang inventori pergudangan, perusahaan juga bersertifikasi AEO (Authorized Economic Operator) yakni sertifikasi yang menyatakan bahwa perusahaan telah memenuhi standar keamanan, sistem manajemen dan patutan serta kepatuhan di pasar logistik internasional.

Dengan lima hub gudang terintegrasi yang berlokasi di Jakarta, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan dan Surabaya, CKB dinilai memiliki kemampuan mengatur lalu lintas mata rantai pasokan dan distribusi logistik di tanah air. “Kami, mendukung dan mengapresiasi langkah Ditjen Bea & Cukai Indonesia dalam program PLB ini,” jelas Iman Sjafei, Presiden Direktur CKB Logistics di peresmian PLB. Iman juga mengungkapkan optimismenya bahwa Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam distribusi terintegrasi di Asia Pasifik.

Pusat Logistik Berikat merupakan salah satu dari sekian kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Paket Kebijakan II di bulan September 2015 lalu. Keberadaan PLB sangat diperlukan bagi pebisnis tanah air dan juga mancanegara dalam menunjang penyimpanan barang impor dan ekspor di Indonesia. Langkah yang dibangun pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai hub logistik Asia Pasifik. Heru Pambudi, Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) Republik Indonesia menjelaskan bahwa pengelola PLB merupakan mitra Bea & Cukai yang memenuhi prasyarat dan dinilai dapat mengemban kepercayaan pemerintah dalam pengelolaan barang impor dan ekspor. Barang-barang impor yang disimpan di PLB mendapatkan fasilitas insentif berupa penangguhan bea masuk dan pajak impor selama tiga tahun yang berdampak pada berkurangnya biaya demurrage, mempersingkat waktu transit dan mengurangi risiko kerusakan yang diakibatkan oleh perpindahan barang.

CKB Logistics merupakan anak perusahaan ABM Investama, Tbk dan telah melayani sejumlah perusahaan-perusahaan terkemuka di sektor energi dengan jangkauan layananan yang cukup luas, yakni sejumlah lebih dari 35 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di Sumatera, Jawa, Kalimatan dan juga bagian timur Indonesia seperti Sulawesi, Ternate, Ambon, dan Papua.

GALLERY PROGRESS